Gejala Umum Postpartum Depression dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mendengar tentang baby blues? Baby blues yang merupakan perubahan emosi setelah melahirkan yang membuat ibu jadi menangis terus menerus, cemas, sampai sulit tidur dalam beberapa hari hingga 2 minggu, ternyata berbeda dengan postpartum depression.

Kondisi depresi ini adalah kondisi yang lebih parah dibandingkan dengan baby blues karena membuat penderita merasa jadi putus harapan, merasa tidak menjadi ibu yang baik, hingga tidak mau mengurus anak. Lebih rinci mengenai gejala umum postpartum depression, inilah penjelasan beserta cara penanganannya.

Gejala Postpartum Depression

Image result for POSTPARTUM

Gejala postpartum depression atau yang disebut juga dengan postnatal depression dapat terjadi pada awal kehamilan, beberapa minggu setelah melahirkan, ataupun setahun setelah bayi lahir. Saat mengalami depresi ini, seseorang akan mengalami berbagai gejala. Tanda awalnya adalah merasa sedih atau murung yang berkepanjangan. Penderitanya juga sering menangis tanpa sebab yang jelas. Tubuh juga selalu lemas dan lelah, sehingga terdapat gangguan tidur serta cenderung mengantuk di siang hari. Nafsu makan juga menurun atau bahkan bisa meningkat.

Dalam mengerjakan sesuatu, penderita sulit berkonsentrasi ataupun membuat keputusan. Tidak tertarik pada lingkungan sekitar atau kehilangan minat untuk hal-hal yang pernah disukai juga termasuk gejala umum postpartum depression. Emosi penderita juga tidak stabil dan cenderung emosional karena selalu bicara negatif, cepat emosi, merasa bersalah dan tak berdaya, dan kehilangan selera humor. Dalam lingkungan sosial, penderita menarik diri.

Parahnya, penderita bahkan hanya merawat bayi dengan alasan kewajiban karena sulit merasakan ikatan batin dengan bayinya. Tak hanya itu, ibu yang depresi ini tidak ingin bermain dengan bayi dan selalu merasa ada hal yang salah terkait kondisi bayi. Bahkan, ada juga yang mempunyai pikiran buruk, misalnya ingin menyakiti, menyiksa, ataupun membunuh bayinya.

Cara Mengatasi Postpartum Depression

Jika hasil diagnosis telah menunjukkan bahwa ibu mengidap postpartum depression, maka dokter segera menentukan metode penanganan terbaik dengan mempertimbangkan tingkat keparahan kondisi serta kebutuhan pengidap. Jadi, metodenya bisa berbeda-beda. Dilansir dari halodoc.com, umumnya, terdapat 3 langkah utama untuk menangani gejala umum postpartum depression, yaitu penanganan rumahan, terapi psikologis, dan obat-obatan.

  1. Penanganan Rumahan

Langkah pengobatan yang satu ini memerlukan dukungan penuh dari suami dan semua anggota keluarga. Ibu yang mengidap postpartum depression ini perlu melakukan berbagai hal agar segera sembuh dari depresinya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menceritakan perasaan dan kesulitan yang dialami kepada suami, keluarga, atau teman agar mereka bisa memahami dan membantu ibu mengatasi gejala umum postpartum depression.

Istirahat juga perlu dilakukan agar waktu tidur ibu benar-benar cukup. Anda bisa bergantian dengan suami untuk menjaga bayi. Luangkan waktu juga untuk bersantai, misalnya mendengarkan musik, pijat, dan melakukan hobi. Rutin berolahraga juga sangat membantu memperbaiki mood. Pola makan sehat dan seimbang dengan porsi cukup dan tepat waktu, bisa menyehatkan tubuh. Hindari juga konsumsi obat terlarang dan minuman keras.

  1. Terapi Psikologis

Metode keduanya adalah terapi psikologis yang dilakukan untuk membantu ibu yang mengalami gejala umum postpartum depression dari segi psikologis. Terapi ini memberikan cara tepat untuk menghadapi perasaan putus asa, mengatasi gangguan psikis yang dialami, dan melatih berpikir positif dalam situasi tertekan sekalipun.

  1. Obat-Obatan

Metode ketiga adalah dengan pemberian obat yang biasanya baru diberikan pada penderita dalam kasus depresi tingkat menengah atau parah. Pada tingkatan ini, dokter akan menganjurkan mengonsumsi obat antidepresan. Obat ini membantu meringankan gejala-gejala yang dialami, sehingga penderitanya bisa kembali menjalani kegiatan sehari-hari dengan normal.

Sebagian besar pengidap postpartum depression bisa disembuhkan secara total melalui langkah penanganan sesuai kebutuhan. Dukungan suami dan keluarga juga sangat berperan penting dalam proses penyembuhan ini.

Sumber Artikel:

www.halodoc.com

www.alodokter.com

www.popmama.com

Sumber Gambar:

jatenglive.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>